PENGUATAN DAN AKSELERASI RAPAT KERJA FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO TAHUN 2020

Oleh: Saiman Lamangida . 16 Maret 2020 . 16:00:00

Dalam rangka mendayagunakan sumberdaya pengembangan teknologi di dalam bidang pendidikan secara efektif dan efisien, Fakultas Pertanian mengadakan rapat kerja yang melibatkan pihak birokrasi tertinggi di Universitas Negeri Gorontalo. rapat kerja yang dilaksanakan selama dua hari pada hari Senin-Selasa 16-17 Maret 2020 di Roemah Marly. Rapat kerja dihadiri oleh Rektor Universitas Negeri Gorontalo dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor IV Prof. Dr. Phil. Ikhfan Haris, M.Sc. Selanjutnya Dr. Ir. Asda Rauf, M.Si sebagai Dekan Fakultas Pertanian, Ketua Jurusan, dan para Pimpinan Unit Fakultas Pertanian serta Tenaga Kependidikan yang ada diruang lingkup Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo.

Kegiatan rapat kerja meliputi, presentasi program kerja oleh masing-masing ketua jurusan dan ketua maupun kepala unit serta diskusi tanya jawab dengan para wakil dekan. Menurut Ketua Panitia Dr. Sutrisno Hadi Purnomo, SP. MP., rapat kerja ini bertujuan untuk mengembangkan perencanaan selama empat tahun dalam satu periode dengan pengembangan berbasis teknologi dalam pendidikan serta target kerja di tahun mendatang. Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Ir. Syamsul Bahri, MP., Fakultas Pertanian menambahkan “Penguatan dan program percepatan ini berkesinambungan pada empat pilar dimana, akreditasi, penelitian dan pengabdian, kerja sama, dan kualitas lulusan”.

Kata sambutan dari Dr. Ir. Asda Rauf, M.Si selaku Dekan Fakultas Pertanian menyampaikan kemarin sempat dilaksanakannya PKS dalam hal ini kerja sama antar Fakultas dan Pemda Bone Bolango untuk enam desa. Namun, masih ada satu desa yang bersikukuh yang mana meminta untuk pendampingan pertanian di desa tersebut. beberapa desa yang menginginkan desa tersebut menjadi desa binaan, walaupun PKS belum ditanda tangani tapi pekerjaan lapangan sementara dilaksanakan.

Rapat kerja dibuka oleh Wakil Rektor IV UNG. Prof. Dr. Phil. Ikhfan Haris, M.Sc, yang dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini “Penguatan dan akselerasi ini artinya program-program yang sudah disepakati dua minggu lalu saya mewakili pak Rektor menanda tangani kontrak kinerja dengan BLU Kementerian Keuangan, dan kontrak kinerja itu adalah kontribusi dari sepuluh fakultas termasuk fakultas pertanian ini”. Wakil Rektor IV mewakili Rektor Universitas Negeri Gorontalo berharap empat program unggulan atau empat pilar yang telah disebutkan oleh Wakil Dekan I tersebut dapat dilaksanakan selama periode ini secara efektif walaupun situasi saat ini akan dipengaruhi oleh virus covid-19 dan tindakan, respon, serta mengantisipasi terhadap merdeka belajar kampus merdeka. Beliau juga menginginkan agar dosen-dosen diruang lingkup fakultas dapat melanjutkan studi agar terciptanya akselerasi SDM.

Agenda

16 - 17 Maret 2020

RAPAT KERJA 2020

Kegiatan Rapat Kerja "Penguatan dan Akselerasi Program Kerja Tahun 2020" Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo

24 - 25 November 2018

Seminar Nasional Integrated Farming System

Tema "Pengembangan Pertanian, Peternakan dan Perikanan Berkelanjutan dalam Mendukung Terwujudnya Kemandirian, Ketahanan Pangan Nasional dan Kesejahteraan Petani, Peternak dan Nelayan"

3 Mei 2018

KULIAH PAKAR

Kuliah Pakar dari Kementrian Pertanian dengan Tema "Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045"

11 November 2016

Seminar Internasional

Seminar Internasional dengan tema “Hilirisasi Pertanian Berbasis Lokal Untuk Kemandirian Pangan"