SATU SATUNYA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO YANG LULUS SELEKSI MSIB DI BRGM (BADAN RESTORASI GAMBUT DAN MANGGOROV)

Oleh: Yopan Latif . 3 Agustus 2023 . 10:05:06

faperta.ung.ac.id, Gorontalo 3 Agustus 2023 --  Mahasiswa Fakultas Pertanian UNG berhasil lolos program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka 2023 batch 1. Penyelenggara MSIB Kampus Merdeka 2023 ini adalah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud Ristek RI) yang bekerja sama dengan mitra-mitra profesional, salah satunya Badan restorasi Gambut dan Manggrov (BRGM)

Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Republik Indonesia adalah Lembaga nonstruktural yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Presiden, BRGM dibentuk melalui Peraturan Presiden Nomor 120 tahun 2020 tentang Badan Restorasi Gambut dan Mangrove. BRGM bertugas memfasilitasi percepatan pelaksanaan restorasi gambut dan peningkatan kesejahteraan masyarakat pada areal restorasi gambut serta melaksanakan percepatan rehabilitasi mangrove di provinsi target.

Universitas Negeri Gorontalo adalah PTN yang mendukung Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Selama program MSIB, mahasiswa jenjang strata satu (S1) maupun diploma akan mendapatkan pengalaman kerja di lingkungan profesional yang sesungguhnya. Mahasiswa peserta program MSIB nantinya akan siap menapaki dunia kerja selepas kuliah. Selain itu, mahasiswa juga akan mendapat pendampingan dari mentor profesional sehingga ilmu yang didapat berasal langsung dari para praktisi. Termasuk mengerjakan proyek nyata di mana proyek ini dikerjakan secara berkelompok selama satu semester.

sebanyak seribu lebih pedaftar yang mengikuti progran MSIB yang bekerja sama dengan mitra BRGM ( Badan Restorasi Gambut dan Manggrov) hanya 6 orang diambil. ini dikarenakan peserta harus melewati beberapa proses seleksi yaitu verivikasi berkas, tes kebinekaan mahasiswa, seleksi mahasiswa oleh mitra dan Offering pada Platform. Salah satunya adalah Nurinda Abas satu satunya Mahasiswi Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian lolos Program MSIB yang bermitra dengan BRGM posisi Marketing Assistant. Mahasiswa kelahiran 29 November 2001 ini bertujuan menerapkan semua pengetahuannya yang suda dipelajari di bangku kuliah.

"adapun tujuan saya,pertama sesuai background atau latar belakang saya mahasiswa pertanian, selain itu juga saya sudah mencari informasi terkait mitra ini dan menurut saya mitra ini merupakan sebuah pilihan untuk kita mahasiswa pertanian utamanya agribisnis dalam menerapkan semua pengetahuan yang sudah di pelajari dengan baik pada waktu kuliah dan mengabdikannya melalui BRGM." ujar Nurinda

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo Dr. Ir. Asda Rauf M.Si sangat mengapresiasi pada mahasiswa yang lolos pada program MSIB, " Saya bangga dan sangat senang pada mahasiwa mahasiswi yang lolos program ini, tidak mudah untuk lulus program ini karena mereka harus melewati beberapa proses seleksi yang ketat. untuk itu saya dan TIM akan berusaha semaksimal mungkin untuk dapat mengawal mahasiwa yang lolos Program MSIB"

 

 

Agenda

24 September 2023

HARI TANI

Hari Tani Nasional 2023

1 September 2023

Dies Natalis UNG

Hari Lahir Universitas Negeri Gorontalo ke 60

16 - 17 Maret 2020

RAPAT KERJA 2020

Kegiatan Rapat Kerja "Penguatan dan Akselerasi Program Kerja Tahun 2020" Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo

24 - 25 November 2018

Seminar Nasional Integrated Farming System

Tema "Pengembangan Pertanian, Peternakan dan Perikanan Berkelanjutan dalam Mendukung Terwujudnya Kemandirian, Ketahanan Pangan Nasional dan Kesejahteraan Petani, Peternak dan Nelayan"