Mahasiswa KKN MBKM Desa Biluango, Pelatihan dan Inovasi Digitalisasi Marketing Dari Olahan Pangan/perikanan menuju masyarakat mandiri

Oleh: Yopan Latif . 2 November 2023 . 10:54:24

Dalam upaya mempertahankan ketahanan pangan, Team KKN MBKM Jurusan Agirbisnis Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui sosialisasi dan pelatihan pembuatan produk dari olahan Ikan yaitu Nugget Ikan Cakalang (25/10/2023). Dimana di Desa Biluango sendiri rata- rata 80% masyarakat nya pekerjaan Nelayan namun belum banyak masyarakat yang mengetahui cara budi daya dan pemanfaatan ikan cakalang tersebut. Melalui kegiatan sosialisasi ini mahasiswa KKN MBKM Desa Biluango berinovasi membuat Nugget dari Olahan Ikan Cakalang, Produk ini sendiri dapat meningkatkan dan menjadikan Usaha masyarakat. Selain rasanya yang enak Ikan cakalang juga mempunyai kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Ikan cakalang memiliki kandungan omega 3 yang sangat tinggi. Omega 3 ini merupakan lemak esensial yang dapat mendukung daya ingat otak. Oleh karena itulah, omega 3 sering dikonsumsi oleh anak-anak sebagai bentuk suplemen untuk membantu menjaga kesehatan mata dan kulit, sirkulasi jantung, pembekuan darah dan kuat tulang. Serta dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit, seperti kanker pankreas, ovarium mulut, faring, lambung, kerongkongan, serta usus besar.

Kegiatan sosialisasi dibuka oleh kepala desa Biluango Yakub Djamala SH, dihadiri oleh pemateri Bapak Dr. Irwan Bempa, SP., MP dan masyarakat desa Biluango serta dosen pembimbing lapangan (DPL) yakni Ibu Yanti Saleh, SP., M.Pd, Ibu Yuriko Boekoesoe, SP., M.Si, Ibu Ramla Mustapa, SP., M.Si, dan Bapak Agustinus Moonti, SE., MM. "Tujuan dari kegiatan sosialisasi adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pangan beragam dan pemenuhan gizi melalui pemanfaatan produk berbasis Ikan cakalang dalam rangka mengatasi peningkatan Nilai Ekonomi masyarakat di desa Biluango.

Program pelatihan pembuatan produk juga menjadi kegiatan inti KKN MBKM. Pelatihan ini melimputi Pemberian Materi tentang digitalisasi Marketing dan pembuatan Produk Nugget dari olahan Ikan Cakalang.

Harapannya dengan diadakannya kegiatan tersebut akan ada tindak lanjut kolaborasi dan sinergi antara masyarakat Desa Biluango dan jurusan Agribisnis UNG dalam memanfaatkan potensi lokal Ikan Cakalang" harap ketua DPL Bapak Agustinus Moonti, SE., MM dalam sambutannya.(*)

Agenda

24 September 2023

HARI TANI

Hari Tani Nasional 2023

1 September 2023

Dies Natalis UNG

Hari Lahir Universitas Negeri Gorontalo ke 60

16 - 17 Maret 2020

RAPAT KERJA 2020

Kegiatan Rapat Kerja "Penguatan dan Akselerasi Program Kerja Tahun 2020" Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo

24 - 25 November 2018

Seminar Nasional Integrated Farming System

Tema "Pengembangan Pertanian, Peternakan dan Perikanan Berkelanjutan dalam Mendukung Terwujudnya Kemandirian, Ketahanan Pangan Nasional dan Kesejahteraan Petani, Peternak dan Nelayan"