DOSEN ILMU TEKNOLOGI PANGAN FAKULTAS PERTANIAN BUAT TILIAYA TANPA SANTAN DI KEGIATAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Oleh: Yopan Latif . 2 November 2023 . 12:45:43

BONEBOLANGO - Dosen Jurusan Ilmu teknologi pangan melakukan pengabdian kepada masyarakat Terpadu di Desa Iloheluma, Kecamatan, Tilong Kabila, Kabupaten, Bone Bolango, kamis ( 05/10/2023 ). pada kegiatan tersebut di hadiri oleh masyarakat dan aparat desa setempat, dalam kesempatanya dosen jurusan ilmu teknologi pangan memberikan 2 materi danpelatihan tentang Pembuatan Tiliaya sehat tanpa santan, dan, penerapan GHP (Good Handling Processing) pada pasca panen padi sawah Di desa Iloheluma kec. Tolong Kabila Kab bonbol.

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Perguruan Tinggi tidak hanya melaksanakan pendidikan bagi mahasiswanya, tetapi juga melaksanakan riset dan mengembangkan inovasi, serta pelestarian dan pengembangan ilmu yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat. Bentuk-bentuk kegiatan pengabdian masyarakat cukup beragam, seperti bakti sosial dan mengajar.Disamping itu, pengabdian kepada masyarakat juga dapat dilaksanakan dengan mengadakan pelatihan bagi masyarakat untuk meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) di lokasi pengabdian.

Perguruan Tinggi wajib untuk menyelenggarakan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, selain melaksanakan pendidikan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 20. Dalam pasal tersebut ditegaskan bahwa pengabdian masyarakat adalah kegiatan sivitas akademika dalam mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Semua Dosen jurusan ikmu teknologi pangan yang hadir menjadi pemateri mengatakan bahwa "antusias masyarakat sangat baik dimana hal ini sangat unik yang biasanya tiliaya jajanan khas gorontalo ini bisa di buat tanpa menggunakan santan sehingga lebih sehat di konsumsi". Tiliaya memiliki nilai historis karena telah dikenal sejak abad ke-15. Raja Ilato, saat itu mempunyai puteri bernama Tiliaya. Putri Tiliaya bersama saudaranya Ntoba, menjadi simbol perjuangan melawan bangsa Portugis. Pada 2019, tiliaya ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. 

Agenda

24 September 2023

HARI TANI

Hari Tani Nasional 2023

1 September 2023

Dies Natalis UNG

Hari Lahir Universitas Negeri Gorontalo ke 60

16 - 17 Maret 2020

RAPAT KERJA 2020

Kegiatan Rapat Kerja "Penguatan dan Akselerasi Program Kerja Tahun 2020" Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo

24 - 25 November 2018

Seminar Nasional Integrated Farming System

Tema "Pengembangan Pertanian, Peternakan dan Perikanan Berkelanjutan dalam Mendukung Terwujudnya Kemandirian, Ketahanan Pangan Nasional dan Kesejahteraan Petani, Peternak dan Nelayan"