RAPAT PERSIAPAN PERESENTASI MONEV/PKP2 PIMNAS

Oleh: Saiman Lamangida . 7 September 2021 . 16:30:00

GORONTALO, FAPERTA - PIMNAS atau Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional merupakan tahap terakhir dari pelaksanaan kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan sebagai wadah bagi mahasiswa peserta untuk mempresentasikan dan saling berkomunikasi melalui produk kreasi intelektual berskala nasional. Tidak hanya sedikit yang masuk, dan tidak banyak yang lulus. Persaingan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ini bertujuan untuk meningkatkan budaya kompetisi akademik dan unjuk prestasi di kalangan mahasiswa yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi berdasarkan kesepakatan pimpinan perguruan tinggi yang disetujui oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) (lldikti7.ristekdikti.go.id).

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu bentuk upaya yang ditempuh oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Ditjen Dikti dalam meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. Pada tahun ini Fakultas Pertanian UNG berkontribusi dalam mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang lolos didanai hibah Dikti 2021 dan dalam rapat ini sedang melakukan persiapan Monev. PKM- KC (Karsa Cipta) merupakan salah satu upaya pemanfaatan teknologi untuk alat rehabilitasi mandiri bagi pasien Low Back Pain dan monitoring dengan berbasis IoT. Fakultas Pertanian yang mana memiliki kelompok yang dibimbing oleh Ibu Yuliana Bakari, SP., MP dan Tim yang diketuai oleh Rizki Amalia Manto beserta 4 anggota lainnya yaitu,  Suci Nurwinda Nento, Moh. Zuhriansyah Yunus, Aldi Ulyas, dan Yogi Saputra Abdullah, dengan Judul "Caping Modern Sebagai Solusi Untuk Menjaga Kondisi Kesehatan Para Petani".

       PKM-K merupakan program kreativitas mahasiswa dalam menciptakan aktivitas usaha. Tim mahasiswa harus melakukan analisis adanya kebutuhan dan peluang pasar, untuk selanjutnya membuat kreativitas (komoditas) usaha dalam rangka menyediakan kebutuhan pasar tersebut. Fakultas Pertanian juga lolos didanai hibah Dikti 2021 yang dibimbing oleh Ibu Yuriko Boekoesoe, S.P., M.Si dan Tim yang diketuai oleh Siti Yuliat Radji, dan 4 anggota lainnya yaitu, Yellindi Pakoe, Sendra Linti Manto, Melkiyanto Nanto, dan Prity Shinta Busura, dengan judul PACOL Drint (Pandan Chocolate Drink). Pada Rapat ini Dekan Fakultas Pertanian, Dr. Asda Rauf, M.Si dan Wakil Dekan III, Dr. Muhammad Mukhtar, S.Pt., M.Agr., Sc, mengharapkan para tim dapat menampilkan performa yang baik dalam presentasi Monev/PKP2 PIMNAS.

Agenda

16 - 17 Maret 2020

RAPAT KERJA 2020

Kegiatan Rapat Kerja "Penguatan dan Akselerasi Program Kerja Tahun 2020" Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo

24 - 25 November 2018

Seminar Nasional Integrated Farming System

Tema "Pengembangan Pertanian, Peternakan dan Perikanan Berkelanjutan dalam Mendukung Terwujudnya Kemandirian, Ketahanan Pangan Nasional dan Kesejahteraan Petani, Peternak dan Nelayan"

3 Mei 2018

KULIAH PAKAR

Kuliah Pakar dari Kementrian Pertanian dengan Tema "Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045"

11 November 2016

Seminar Internasional

Seminar Internasional dengan tema “Hilirisasi Pertanian Berbasis Lokal Untuk Kemandirian Pangan"