DEKAN HADIRI PENANDA TANGANAN IMPLEMENTASI KERJASAMA JURUSAN PETERNAKAN DENGAN DINAS PERTANIAN PROVINSI GORONTALO

Oleh: Saiman Lamangida . 8 September 2021 . 17:00:00

GORONTALO, FAPERTA - Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya. Pertanian dalam pengertian yang luas mencakup semua kegiatan yang melibatkan pemanfaatan makhluk hidup (termasuk tanaman, hewan, dan mikrobia) untuk kepentingan manusia. Dalam arti sempit, pertanian diartikan sebagai kegiatan pembudidayaan tanaman (id.wikipedia.org). Pemberdayaan  tersebut dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian Indonesia dan Dinas Pertanian merupakan salah satu lembaga yang bergerak sebagai pelaksana urusan pemerintahan di bidang pertanian dan menjadi sebaran di berbagai provinsi di Indonesia, dan Dinas Pertanian berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah. Fakultas Pertanian dan Dinas Pertanian merupakan dua instansi yang saling berkaitan. Perjanjian kerjasama merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan pelaksanaan kegiatan antara kedua instansi tersebut dan hal ini tentunya tidak hanya kedua instansi tersebut tetapi, banyaknya instansi yang saling menjalin kerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Implementasi Kerjasama atau Implementation of Agreement merupakan turunan dari Perjanjian Kerjasama atau PKS yang dimana lebih spesifik dalam pelaksana, divisi, bagian, atau kejuruan dalam hal ini menyelesaikan kegiatan bersama. 

       Jurusan yang berada di Fakultas Pertanian yaitu Jurusan Agroteknologi, Jurusan Peternakan, Jurusan Agribisnis dan Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan. Jurusan Peternakan dalam meningkatkan Kegiatannya melaksanakan Implementasi Kerjasama bersama Balai Perbibitan Ternak Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo. Ketua Jurusan Peternakan Ir. Nibras K. Laya, MP didampingi oleh Civitas Akademika Fakultas Pertanian bersama Kepala Balai Perbibitan Ternak Bapak Averus Zainudin, S.Pt didampingi oleh Kepala Seksi Pelayanan Teknis Ternak Ruminansia (Ahmad K. Hemeto, S.Pt) bersama staf instansi. Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan mensuksekskan program kerjasama kurikulum dan implementasi merdeka belajar-kampus merdeka serta harapan selanjutnya agar lebih terpadunya para mahasiswa-mahasiswi dalam kegiatan yang akan dilaksanakan oleh jurusan peternakan baik dibidang praktik maupun teori dalam menambah wawasan dan ilmu pengetahuan para mahasiswa. Dekan Fakultas Pertanian sangat berterima kasih kepada Jurusan Peternakan yang mampu mengakomodir pelaksanaan Implementasi Kerjasama bersama pihak kedua yaitu Balai Perbibitan Ternak Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo ini yang dilaksanakan pada 8 September 2021 di lokasi perbibitan ternak di di Desa Wonggahu, Kecamatan Paguyaman, Kabupaten Boalemo. 

 

 

Agenda

16 - 17 Maret 2020

RAPAT KERJA 2020

Kegiatan Rapat Kerja "Penguatan dan Akselerasi Program Kerja Tahun 2020" Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo

24 - 25 November 2018

Seminar Nasional Integrated Farming System

Tema "Pengembangan Pertanian, Peternakan dan Perikanan Berkelanjutan dalam Mendukung Terwujudnya Kemandirian, Ketahanan Pangan Nasional dan Kesejahteraan Petani, Peternak dan Nelayan"

3 Mei 2018

KULIAH PAKAR

Kuliah Pakar dari Kementrian Pertanian dengan Tema "Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045"

11 November 2016

Seminar Internasional

Seminar Internasional dengan tema “Hilirisasi Pertanian Berbasis Lokal Untuk Kemandirian Pangan"