Workshop Konselor Sebaya dan Mentor Teman Sebaya di Universitas Negeri Gorontalo

Oleh: Yopan Latif . 1 Oktober 2024 . 15:31:56

Gorontalo 1 Oktober 2024, Unit Penunjang Akademik Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Gorontalo (UNG) sukses menyelenggarakan Workshop Konselor Sebaya dan Mentor Teman Sebaya. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan mahasiswa dari berbagai jurusan, termasuk mahasiswa jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan, yang antusias berpartisipasi dalam rangkaian acara.

Workshop yang berlangsung selama dua hari tersebut bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan menjadi konselor dan mentor sebaya. Program ini diharapkan dapat membantu menciptakan lingkungan kampus yang lebih suportif, khususnya dalam memberikan pendampingan emosional dan psikologis bagi teman sebaya yang membutuhkan.

Dalam kegiatan ini, para peserta dilatih untuk:

Memahami peran konselor sebayaMendengarkan aktifMemberi dukungan emosionalMenangani permasalahan yang dihadapi mahasiswa lainnya dengan pendekatan yang profesional namun tetap bersahabatSelain itu, mahasiswa juga diberikan keterampilan untuk menjadi mentor, yang bertugas membantu sesama mahasiswa dalam aspek:

AkademikPengembangan diriManajemen waktuUnit Penunjang Akademik Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Gorontalo, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat relevan dengan kebutuhan kampus saat ini, di mana kesehatan mental dan kesejahteraan emosional mahasiswa menjadi prioritas utama. "Kami berharap, melalui pelatihan ini, mahasiswa tidak hanya mampu menjadi pendamping bagi teman-teman mereka, tetapi juga memiliki empati yang tinggi serta kemampuan komunikasi yang baik," ungkapnya.

Salah satu peserta Virsa Aprilia, perwakilan dari jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan, mengungkapkan bahwa workshop ini sangat bermanfaat, terutama dalam membantu mereka memahami pentingnya peran teman sebaya dalam mendukung proses pembelajaran dan kehidupan sosial di kampus. "Kami belajar cara mendampingi teman yang sedang kesulitan, baik secara emosional maupun akademik, dan bagaimana mengarahkan mereka ke solusi yang tepat."

Dengan adanya program Konselor Sebaya dan Mentor Teman Sebaya ini, diharapkan mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo dapat:

Membentuk jejaring dukungan yang kuatMenciptakan lingkungan kampus yang inklusif, suportif, dan ramah bagi seluruh mahasiswaWorkshop ini merupakan bagian dari komitmen UNG untuk terus meningkatkan kualitas kehidupan kampus dan memberikan perhatian khusus pada pengembangan karakter mahasiswa yang peduli dan siap membantu sesama.

Agenda

24 September 2023

HARI TANI

Hari Tani Nasional 2023

1 September 2023

Dies Natalis UNG

Hari Lahir Universitas Negeri Gorontalo ke 60

16 - 17 Maret 2020

RAPAT KERJA 2020

Kegiatan Rapat Kerja "Penguatan dan Akselerasi Program Kerja Tahun 2020" Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo

24 - 25 November 2018

Seminar Nasional Integrated Farming System

Tema "Pengembangan Pertanian, Peternakan dan Perikanan Berkelanjutan dalam Mendukung Terwujudnya Kemandirian, Ketahanan Pangan Nasional dan Kesejahteraan Petani, Peternak dan Nelayan"