Tim Riset Jurusan Agribisnis Melakukan Penelitian Mengenai Tanaman Holtikultura, Komoditas Jagung, dan Peternakan di Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango.

Oleh: Yopan Latif . 4 Maret 2024 . 12:08:51

Gorontalo, 13 Maret 2024 – Tim riset jurusan Agribisnis Universitas Negeri Gorontalo pada tanggal 4 Maret 2024 melakukan penelitian tentang potensi tanaman holtikultura, peternakan dan komoditas jagung yang ada di Kecamatan Suwawa, Kabuapaten Bone Bolango. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi dan tantangan pengembangan agribisnis di daerah tersebut. Tim yang terdiri dari 3 orang mahasiswa diantaranya yaitu Ramadan Riski Pratama, Anisa, dan Musdalifa Kusmawa yang mulai turun langsung ke lapangan mengumpulkan data-data dari para petani dan peternak pada tanaman holtikultura dans komoditas jagung, serta peternakan yang ada di Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango.

Melihat dari banyaknya penduduk yang bekerja sebagai petani dan peternak di Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango. maka memungkinkan bagi para mahasiswa jurusan agribisnis untuk bisa melakukan penelitian di daerah tersebut. Para mehasiswa tersebut melakukan berbagai macam kegiatan selama penelitian. Seperti melakukan wawancara dengan para pelaku usaha agribisnis, mengumpulkan data mengenai kondisi sosial dan ekonomi para petani dan peternak, dan melakukan analisis data untuk mengidentifikasi potensi dan tantangan pengembangan agribisnis di daerah tersebut.

 Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk mengembangkan usaha agribisnis bagi para pelaku agribisnis di Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango. Salah satu mahasiswa dari tim riset mengatakan “Penelitian ini sangat berguna bagi kami mahasiswa untuk digunakan sebagai pedoman dalam meneliti. Karena dengan melakukan penelitian ini, kita mendapatkan berbagai data dan ilmu baru dilapangan yang bisa menjadi pedoman dan petunjuk kami dalam menyelesaikan tugas akhir kuliah.” Ujar mahasiswa dari tim riset.

Agenda

24 September 2023

HARI TANI

Hari Tani Nasional 2023

1 September 2023

Dies Natalis UNG

Hari Lahir Universitas Negeri Gorontalo ke 60

16 - 17 Maret 2020

RAPAT KERJA 2020

Kegiatan Rapat Kerja "Penguatan dan Akselerasi Program Kerja Tahun 2020" Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo

24 - 25 November 2018

Seminar Nasional Integrated Farming System

Tema "Pengembangan Pertanian, Peternakan dan Perikanan Berkelanjutan dalam Mendukung Terwujudnya Kemandirian, Ketahanan Pangan Nasional dan Kesejahteraan Petani, Peternak dan Nelayan"