Pengataran Mahasiswa Program Kegiatan MBKM Proyek Desa dan Magang IKM Al-Hidayah di Desa Bulontala

Oleh: Yopan Latif . 5 Februari 2024 . 10:11:54

Gorontalo, 05 februari 2024,  jurusan Agribisnis fakultas pertanian Universitas Negeri Gorontalo mengantarkan  mahasiswa dalam pelaksaan MBKM Proyek Desa dan magang IKM Al-Hidayah di Desa Bulontala. Ada beberapa dosen yang mengantarkan mahasiswa yaitu ibu Larasati Sukmadewi Wibowo, S.P, M.P, M.B.A dan ibu Ramlan Mustapa, S.P, M.Si, kedatangan mahasiswa disambut dengan baik oleh aparat desa bulontala. Setelah itu para mahasiswa di ajak ketempat magang IKM Al-Hidayah tempat produksi produk salah satunya produk labuku. Para mahasiswa di tantang oleh bapak Kasim Daud ketua IKM Al-Hidayah dalam menciptakan satu produk yaitu “produk sambel rica kering tanpa minyak”. Mereka akan difokuskan dalam pengolahan produk tersebut agar menjadi buming dan banyak diminati oleh para konsumen nanti. Lalu mereka di perkenalkan dengan lingkungan sekitar pedesaan, Mereka akan di ajarkan cara memelihara tanaman rica kata pak kasim apalagi sekarang rica lagi murah jadi mereka akan memanfaatkannya dengan mengolah satu produk yang tadi di jelaskan.

MBKM Proyek Desa adalah program yang diinisiasi oleh Mahasiswa Berprestasi Kreatif Mandiri (MBKM) Universitas Negeri Gorontalo. Program ini bertujuan untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat desa melalui pengembangan berbagai proyek yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa tersebut.

Dalam MBKM Proyek Desa, mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu bekerja sama untuk merancang dan melaksanakan proyek-proyek yang dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat desa. Proyek- proyek ini dapat beragam, seerti pengembangan usha mikro, pengajaran keterampilan, pengembangan infrastruktur, atau pengembangan potensi pariwisata desa.

Melalui program ini, mahasiswa dapat belajar langsung tentang tantangan dan kebutuhan masyarakat desa, serta berkontribusi dalam pembangunan dan pengembangan desa. Selain itu, program ini juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas, kepemimpinan, dan kemampuan sosail mereka.

Agenda

24 September 2023

HARI TANI

Hari Tani Nasional 2023

1 September 2023

Dies Natalis UNG

Hari Lahir Universitas Negeri Gorontalo ke 60

16 - 17 Maret 2020

RAPAT KERJA 2020

Kegiatan Rapat Kerja "Penguatan dan Akselerasi Program Kerja Tahun 2020" Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo

24 - 25 November 2018

Seminar Nasional Integrated Farming System

Tema "Pengembangan Pertanian, Peternakan dan Perikanan Berkelanjutan dalam Mendukung Terwujudnya Kemandirian, Ketahanan Pangan Nasional dan Kesejahteraan Petani, Peternak dan Nelayan"