PELAKSANAAN PROGRAM KERJA MBKM-KKN PETERNAKAN UNG 2024 DESA HUTABOHU KECAMATAN LIMBOTO BARAT KABUPATEN GORONTALO

Oleh: Yopan Latif . 2 Mei 2024 . 15:43:22

Kamis 02 Mei 2024 – Sebanyak 10 Mahasiswa peserta Merdeka Belajar kampus Merdeka (MBKM) terintegrasi Kuliah kerja Nyata (MBKM-KKN) UNG 2024 dari Jurusan Peternakan bersama Tim Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), SDGs Center UNG, dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Gorontalo melaksanakan pelatihan dan pendampingan beberapa program kerja yang telah dipaparkan sebelumnya di Kantor Desa Hutabohu. Pelatihan ini dilakukan di Dusun 5 Desa Hutabohu Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Desa Hutabohu dan 20 orang peserta dari warga desa yang tergabung dalam Kelompok Ternak Pengemukan Sapi Potong Iloheluma Desa Hutabohu.

Kegiatan pelatihan ini diawali dengan pemberian teori oleh Narasumber dari Dosen Peternakan antara lain Dr. Muhammad Sayuti, S.Pt, M.Si, Dr. Syahruddin, S.Pt, M.Si, IPM, Dr. Ir. Sri Suryaningsih Djunu, S.Pt, M.Si, IPM, drh. Tri Ananda Erwin Nugraha, M.Sc, Dr. Sri Yenny Pateda, S.Pt, M.Si dan Narasumber dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Gorontalo yaitu Ir. Hariyanto, S.Pt, MP, IPM. Pelaksanaan praktek dilakukan setelah pemberian teori, antara lain praktek pembuatan silase dari biomass tanaman jagung, praktek pembuatan pakan fermentasi dari limbah pertanian, praktek pembuatan Urea Molases Blok (UMB), dan praktek pembuatan pupuk organik bokashi. Seluruh kegiatan pelatihan tersebut merupakan hasil kesepakatan bersama dari Tim DPL, Mahasiswa peserta MBKM-KKN dan Pemerintah Desa Hutabohu.

Dr. Fahrul Ilham, S.Pt, M.Si selaku Ketua Tim DPL menyatakan kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada peternak cara meningkatkan bobot badan dan pemasaran sapi potong di Desa Hutabohu dan berharap masyarakat peternak dapat mengembangkan usaha penggemukan sapi potong mereka agar kesejahteraan masyarakat peternak di Desa Hutabohu meningkat. Hal yang sama juga disampaikan oleh Ir. Hariyanto selaku Kepala salah satu Bidang Peternakan Kabupaten Gorontalo dan berharap seluruh bantuan fasilitas yang telah diperoleh oleh Kelompok Ternak Iloheluma dari Pemerintah daerah maupun pihak luar lainnya dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan produktivitas dan pemasaran sapi potong di Desa Hutabohu.

Agenda

24 September 2023

HARI TANI

Hari Tani Nasional 2023

1 September 2023

Dies Natalis UNG

Hari Lahir Universitas Negeri Gorontalo ke 60

16 - 17 Maret 2020

RAPAT KERJA 2020

Kegiatan Rapat Kerja "Penguatan dan Akselerasi Program Kerja Tahun 2020" Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo

24 - 25 November 2018

Seminar Nasional Integrated Farming System

Tema "Pengembangan Pertanian, Peternakan dan Perikanan Berkelanjutan dalam Mendukung Terwujudnya Kemandirian, Ketahanan Pangan Nasional dan Kesejahteraan Petani, Peternak dan Nelayan"