KEPALA PUSAT RISET TANAMAN PANGAN BRIN BERIKAN KUILIAH UMUM DI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Oleh: Yopan Latif . 8 Agustus 2023 . 10:00:00

faperta.ung.ac.id =>> Selasa, 8 Agustus 2023. Kepala Pusat Riset Tanaman Pangan BRIN, Dr. Yudhisthira Nugfraha, SP., MP memberikan kuliah umum pada Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo Kuliah umum kali ini dengan tema "Pengembangan Industri Perbenihan Tanaman Pangan Nasional Berbasis Riset" yang di moderatori oleh Dr. Wawan K. Tolinggi SP,M.Si. Pada Kegiatan Kuliah umum ini diselenggarakan di Aula Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo dan dihadiri oleh Pimpinan Fakultas, Dosen, Tendik dan Mahasiswa Fakultas Pertanian, Jumlah Peserta yang hadir kurang lebih 200 orang.

Kuliah Umum yang di  buka langsung oleh Wakil Dekan Kemahasiswaan Dr. Nurdin SP,M.Si menyampaikan Peran industri perbenihan sangat penting dan strategis untuk meningkatkan produktivitas, menghasilkan pangan yang sehat dan meningkatkan pendapatan petani. Beliau juga mengatakan kebutuhan petani akan benih unggul menjadi peluang bagi industri benih. Menurutnya benih dengan kualitas baik dan seragam akan menghasilkan produk dengan kualitas tinggi dan menentukan kualitas mutu komoditas pertanian Indonesia. "Maka dari itu saya menyampaikan semoga kegiatan kuliah Umum ini bisa mendapat pengetahuan baru, serta membuka ruang ruang intelektual" ujarnya.

Badan Riset dan Inovasi Nasional yang selanjutnya disingkat BRIN adalah lembaga pemerintah yang menjalankan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan, serta invensi dan inovasi yang terintegrasi. Dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2021 tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional disebut bahwa kedudukan BRIN merupakan sebagai lembaga pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. BRIN mempunyai tugas membantu Presiden dalam menjalankan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan, serta invensi melakukan monitori, pengendalian, dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Riset dan Inovasi Daerah atau BRIDA.

Pada kegitan ini Kepala Pusat Riset Tanaman pangan BRIN, menyampaikan pentingnya Melakukan Riset dan mengaplikasikannya untuk pembangunan Nasional  berkelanjutan. Human developer indeks kita masi sangat rendah, salah satu cara untuk meningkatkannya yaitu dengan cara pengaplikasian riset yang harus di lakukan" ujarnya.

Ia juga menjelaskan tentang beberapa fungsi fungsi BRIN  yaitu "melaksanakan dan mengawasi penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan, serta invensi dan inovasi, yang memperkuat peran dan kedudukan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai landasan dalam perencanaan pembangunan nasional di segala bidang kehidupan yang berpedoman pada nilai Pancasila. Melaksanakan mengendakikan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan, serta invensi dan inovasi secara menyeluruh dan berkelanjutan. Pemberian fasilitasi, bimbingan teknis, pembinaan, dan supervisi serta memantau dan evaluasi di bidang penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan, serta invensi dan inovasi".

Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. Asda Rauf, M.Si meminta langsung kepada Kepala Pusat Riset Tanaman Pangan  BRIN untuk bekerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian, pengembangan, pengkajian dan pengabdian pada kepada masyrakat. 

 

Agenda

24 September 2023

HARI TANI

Hari Tani Nasional 2023

1 September 2023

Dies Natalis UNG

Hari Lahir Universitas Negeri Gorontalo ke 60

16 - 17 Maret 2020

RAPAT KERJA 2020

Kegiatan Rapat Kerja "Penguatan dan Akselerasi Program Kerja Tahun 2020" Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo

24 - 25 November 2018

Seminar Nasional Integrated Farming System

Tema "Pengembangan Pertanian, Peternakan dan Perikanan Berkelanjutan dalam Mendukung Terwujudnya Kemandirian, Ketahanan Pangan Nasional dan Kesejahteraan Petani, Peternak dan Nelayan"