FAKULTAS PERTANIAN UNG DAN UNSRAT JALIN KERJASAMA KULIAH PAKAR DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

Oleh: Yopan Latif . 12 Juni 2024 . 11:20:03

Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menjalin kerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) dalam penyelenggaraan Program Kuliah Pakar dan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian UNG, Dr. Muhammad Mukhtar, S.Pt, M.Agr yang juga menandatangani Perjanjian Kerjasama (MoU) sebagai bentuk keseriusan kedua fakultas untuk berkolaborasi.

Kuliah Pakar disampaikan oleh Prof. Dr. Zetly E. Tamod, SP, M.Sc sebagai pembicara pertama, dan Prof. Dr. Mohamad Iqbal Bahuwa, M.Si sebagai pemateri kedua. Selanjutnya, dosen-dosen Fakultas Pertanian Unsrat mempresentasikan hasil penelitian mereka. Hadir pula Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Dr. Ir. Muljady Mario dalam kegiatan ini.

Pada kesempatan ini, rombongan Unsrat juga melakukan kunjungan ke tempat Pengabdian Kepada Masyarakat yang berlokasi di Pesantren Hafidz Qur'an Sunan Drajat, Desa Tunggulo, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango.

Hari kedua, kunjungan dilanjutkan ke Kantor Bupati Gorontalo untuk menemui Prof. Nelson Pomalingo, M.Si guna membahas pengembangan sektor pertanian di Kabupaten Gorontalo. Rombongan juga melakukan kunjungan studi (visit study) ke lahan pertanian organik dan program pengabdian masyarakat lainnya.

Kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara kedua institusi dalam menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk memajukan sektor pertanian.

Agenda

24 September 2023

HARI TANI

Hari Tani Nasional 2023

1 September 2023

Dies Natalis UNG

Hari Lahir Universitas Negeri Gorontalo ke 60

16 - 17 Maret 2020

RAPAT KERJA 2020

Kegiatan Rapat Kerja "Penguatan dan Akselerasi Program Kerja Tahun 2020" Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo

24 - 25 November 2018

Seminar Nasional Integrated Farming System

Tema "Pengembangan Pertanian, Peternakan dan Perikanan Berkelanjutan dalam Mendukung Terwujudnya Kemandirian, Ketahanan Pangan Nasional dan Kesejahteraan Petani, Peternak dan Nelayan"