Dekan Apresiasi Kegiatan Bimbingan Teknis Mendeley Desktop oleh HMJ Agroteknologi

Oleh: Faturrahman Muhamad Nur Maku . 24 Juni 2022 . 15:24:00

Gorontalo, Faperta - Mendeley Desktop adalah sebuah perangkat lunak yang kelahirannya diilhami oleh sebuah upaya untuk mengintegrasikan “citation & reference manager” ke dalam sebuah jejaring sosial. Dengan jejaring semacam ini, peneliti di berbagai belahan dunia dapat berkolaborasi dan melakukan sharing data penelitian seperti yang dikutip dalam (lib.ugm.ac.id). Mendeley juga merupakan kombinasi dari aplikasi desktop dan situs web yang dapat digunakan untuk mengelola, berbagi, dan mencari referensi maupun kontak. Mendeley sangat berguna dalam membantu dalam penulisan karya ilmiah penulis. Kebanyakan instansi pendidikan khususnya perguruan tinggi saat ini sering menggunakan bantuan dari mendeley desktop. Himpunan Mahasiswa Jurusan Agroteknologi berinisiatif dalam program pelaksanaan kegiatan Pelatihan Terbimbing Teknik Penulisan Karya Ilmiah Pertanian Berbasis Riset dan Tools Mutakhir (Mendeley Desktop) yang bertemakan "Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Program MBKM Skema Riser/Penelitian dengan kolaborasi dari salah satu dosen dari Jurusan Agroteknologi Dr. Nurdni, S.P, M.Si sebagai pemateri dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Jum'at, (24/6) Ruang Sidang Lantai II Gedung Fakultas Pertanian Kampus IV UNG, Desa Moutong, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango dilaksanakannya kegiatan Pelatihan Terbimbing Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Dalam pembukaannya Ketua HMJ Agroteknologi Adrian Ngabito menuturkan "Program ini bisa meningkatkan efisiensi akademik bagi mahasiswa organisasi himpunan jurusan dan pelaksanaan kegiatan ini dapat memudahkan kita-kita sebagai mahasiswa dalam penyusunan berbagai bentuk tulisan karya ilmiah diantaranya tugas makalah, Laporan Penelitian, Skripsi, Artikel Ilmiah, Tesis, dan Disertasi dengan bantuan dari aplikasi Mendeley Desktop dan bimbingan dari bapak Dr. Nurdin, S.P, M.Si". Selanjutnya Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. Asda Rauf, M.Si dalam pembukaannya beliau menyampaikan banyak terima kasih dari program Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Agroteknologi yang telah melaksanakan kegiatan Pelatihan Terbimbing dan juga sebagai pencetus kegiatan pertama diantara organisasi mahasiswa yang berada di ruang lingkup Fakultas Pertanian dalam hal solusi percepatan menempuh masa studi mahasiswa. Beliau juga menyampaikan agar sekiranya jurusan lain bisa mengikuti pelaksanaan kegiatan seperti ini dalam revisi, penyamaan, penyesuaian dalam penulisan. Selain itu, beliau menyampaikan "Salah satu nilai yang paling menentukan dari akreditasi pada hal ini yaitu, percepatan atau ketepatan masa studi mahasiswa. "Harapan kami apa yang didapatkan hari ini bisa menjadi modal bagi para adik-adik mahasiswa dalam menuntaskan masa studi khususnya mahasiswa yang berperan didalam organisasi mahasiswa", tutupnya. (fatur)

Agenda

24 September 2023

HARI TANI

Hari Tani Nasional 2023

1 September 2023

Dies Natalis UNG

Hari Lahir Universitas Negeri Gorontalo ke 60

16 - 17 Maret 2020

RAPAT KERJA 2020

Kegiatan Rapat Kerja "Penguatan dan Akselerasi Program Kerja Tahun 2020" Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo

24 - 25 November 2018

Seminar Nasional Integrated Farming System

Tema "Pengembangan Pertanian, Peternakan dan Perikanan Berkelanjutan dalam Mendukung Terwujudnya Kemandirian, Ketahanan Pangan Nasional dan Kesejahteraan Petani, Peternak dan Nelayan"